Belajar Fisika itu Mudah

CARA KERJA PRAKTIS KINCIR ANGIN

Cara kerja praktis kincir angin---

-Para sahabat browser sekalian yang mencintai ilmu pengetahuan. Pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas mengenai cara kerja praktis kincir angin. Kita ketahui bahwa kincir angin telah ada sejak dahulu kala.

Pada awal, kincir angin digunakan oleh masyarakat Belanda untuk memompa air. Hal ini dikarenakan lokasi geografis Belanda sangat rendah bahkan lebih rendah dari permukaan laut. Hal inilah yang menyebabkan pengembangan kincir angin di Belanda sangat berkembang. Selain menggunakan kincir angin sebagai pompa air kincir angin juga digunakan sebagai penggiling tepung. Itulah fungsi kincir angin zaman dahulu. Saat ini, kincir angin digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin karena dapat mengurangi beban listrik hingga 50% atau 80%. 
Pada dasarnya Struktur kincir angin terdiri dari 2 atau 3 bilah kipas yang terhubung kesebatang poros. Bilah-bilah tersebut digunakan untuk mengumpulkan energi angin yang mengalir di sekelilingnya. Sementara poros disambungkan dengan kabel ke generator, yang kemudian dihubungkan ke baterai. Generator juga disebut inti dari mekanisme ini, karena generatorlah yang mengubah energi yang terkumpul yang kemudian dihubungkan dengan sistem listrik.

Cara Kerja Praktis Kincir Angin

Pertama: kincir angim memperlambat keepatan angin dengan menggunakan bilah, yang cara kerjanya serupa dengan baling-baling pesawat. setelah angin mengalir disekeliling bilah, maka bilah mengumpulkan energi kinetik, energi kinetik inilah yang menggerakkan bilah. Bilah yang terhubung dengan poros mulia bergerak pelan dan kemudian mengirimkan banyak tenaga pemutar ke gearbox.
Gearbox kemuidan menyesuaikan tenaga pemutar ini, dan sebagai pengganti berputar secara pelan dengan banyak tenaga disetiap putaran, putaran menjadi semakin cepat dengan demikian  lebih sedikit tenaga di setiap putarannya.Saat itulah generator yang terhubung ke gearbox menghasilkan listrik melalui semakin banyak magnet dan kawat tembaga yang terdapat di dalamnya.
Faktor penting yang memainkan peran vital pada kerja mesin ini adalah strukturnya, mengingat jumlah listrik yang dihasilkan tergantung pada ukuran struktur mesin. Semakin besar struktur, maka semakin besar struktur maka semakin besar tenaga yang dihasilkan untuk memutar poros yang berarti semakin besar listrik yang dihasilkan

cara kerja praktis kincir angin yang telah dijelaskan di atsa merupakan penjelasan singkat berdasarkan pola aliran kerja mesinnya. namun dalam pembuatannya tidaklah semudah yang dijelaskan seperti di atas.






.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Alat-alat / Fisika Klasik dengan judul CARA KERJA PRAKTIS KINCIR ANGIN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://fisika-info.blogspot.com/2015/03/cara-kerja-praktis-kincir-angin.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, March 20, 2015

Belum ada komentar untuk "CARA KERJA PRAKTIS KINCIR ANGIN"

Post a Comment