Belajar Fisika itu Mudah

BAHAN SEMIKONDUKTOR EKSTRINSIK

Bahan semikonduktor yang kini kita ketahui terbagi menjadi dua yaitu instinsik dan ekstrinsik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Bahan semikonduktor serta Bahan semikonduktor Instrinsik. Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping. Pada bahan semikonduktor lebih dalam lagi kita akan membahasnya karena melihat pengaplikasian dari ilmu ini sangat luas. Penggunaan bahan semikonduktor sangat banyak digunakan dalam device-device elektronik yang kini sedang anda gunakan. seperti komponen elektronika Transitor dll.

Pokok pembahasan kita kali ini terkait mengenai bahan semikonduktor ekstrinsik yang merupakan kebalikan dari instrinsik. Agar lebih jelasnya Kita langsung saja ke pokok pembahasan.

Semikonduktor intrinsik mempunyai kemampuan konduksi arus kecil pada suhu kamar. Untuk menjadi berguna sebagai piranti elektronik, bahan semikonduktor murni harus diubah sedemikian hingga secara signifikan menaikkan sifat konduksinya. Ini dicapai dengan menambahkan sedikit impuritas (ketakmurnian) yang sesuai ke dalam semikonduktor itu. Ini kemudian disebut semikonduktor ekstrinsik atau tak murni. 

Proses penambahan impuritas ke dalam semikonduktor dikenal sebagai doping. Jumlah dan jenis impuritas itu dikendalikan dengan teliti selama pengolahan semikonduktor intrinsik. Pada umumnya 10^8 atom semikonduktor dengan satu atom impuritas yang ditambahkan.
Maksud penambahan impuritas adalah untuk menaikkan jumlah elektron bebas atau  lubang dalam kristal semikonduktor. Jika impuritas pentavalen (memiliki 5 elektron valensi) ditambahkan ke dalam semikonduktor, maka dihasilkan sejumlah besar elektron bebas di dalam semikonduktor itu. Dengan kata lain, penambahan impuritas trivalen (memiliki 3 elektron valensi) menciptakan sejumlah lubang dalam kristal semikonduktor. Tergantung pada jenis impuritas yang ditambahkan, semikonduktor ekstrinsik dikelompokkan ke dalam  (a) semikonduktor tipe n  dan  (b) semikonduktor tipe p.


Pada dasarnya bahan semikonduktor ekstrinsik merupakan semikonduktor yang tak murni di mana diketahui bahwa Bahan semikonduktor instrinsik atau bahan semikonduktor murni berada pada golongan 4 di tabel periodik. Ketakmurnian bahan semikondukto ekstrinsik yang dimaksudkan adalah ketika bahan semikonduktor instrinsik didoping atau diberi atom tambahan dari golongan lain kecuali golongan 1 dan 8. 

Pencampuran antara bahan semikonduktor instrinsik dengan unsur lainnya dilakukan untuk membuat senyawa yang meimilki energi gep tertentu.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah Bagaimana Cara atau proses Doping Tersebut?
BAHAN SEMIKONDUKTOR EKSTRINSIK


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Elektronika / Semikonduktor dengan judul BAHAN SEMIKONDUKTOR EKSTRINSIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://fisika-info.blogspot.com/2015/11/bahan-semikonduktor-ekstrinsik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, November 18, 2015

Belum ada komentar untuk "BAHAN SEMIKONDUKTOR EKSTRINSIK"

Post a Comment