Belajar Fisika itu Mudah

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Gelombang Elektromagnetik----

Pada pembahasan mengenai Interferometer Michelson kita sedikit menyinggung tentang gelombang elektromagnetik yang memenuhi ruang angkasa sehingga gelombang cahaya dapat merambat hingga ke bumi. Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping. Elektromagnetik merupakan sebuah gelombang yang berbeda dengan gelombang lainnya yang memerlukan medium untuk merambat.

Berikut adalah teori elektromagnet.
Teori ini diajukan oleh James Clerk Maxwel pada akhir abad ke-19 dengan memadukan teori listrik dan magnet. Teori ini menyatakan bahwa gelombang cahaya adlah gelombang elektromagnetik yang tidak memerlukan medium untuk merambat. menunjukan bahwa cahaya tampak merupakan bagian dari spectrum gelombang elektromagnetik. Maxwel mampu memprediksi kecepatan cahaya dengan mengunakan konstant-konstanta listrik dan magnet.

Teori elektromagnet banyak didukung oleh percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz. Tidak dapat menjelaskan efek fotolistrik, yaitu peristiwa pemancaran elektron dari logam yang disinari dengan cahaya dengan panjang gelombang tertentu.

TEORI ELEKTROMAGNET

Berdasarkan oleh apa yang telah dijelaskan pada enam poin di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan terbuktinya bahwa cahaya adalah sebuah gelombang elektomanetik yang dapat merambat tampa medium. Teori elektromagnetik ini menjadi salah satu pendiri terbentiknya teori-toeri kuantum.

By PQ.J

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Modern dengan judul GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://fisika-info.blogspot.com/2015/06/teori-elektromagnet.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, June 2, 2015

Belum ada komentar untuk "GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK"

Post a Comment