Belajar Fisika itu Mudah

PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK

Salam hangat bagi teman-teman yang masih setia belajar tentang fisika dan teknik hingga saat ini. Hingga saat ini manusia masih sangat bergantung dengan kegunaan alat-alat dan mesin sebagian alatabantu untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Pada kesempatan ini kita akan fokus membahas tentang prinsip kerja   motor listrik. Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping. Tentu saja teman-teman sudah tak asing lagi dengan kata "motor". Namun dalam artikel ini kita tidak akan membahas tentang "sepeda motor" melainkan motor listrik. Tidak usah berlama-lama, kita langsung saja membahas  prinsip kerja motor listrik ini.

Apa itu motor listrik?


Motor listrik merupakan seperangkat alat elektromagnetis yang merubah energi listrik menjadi energi kinetik. Namun ada juga mesin yang berfungsi sebaliknya, alat ini disebut generator dan dinamo. Jadi jangan samakan antara motor listrik dengan generator dan dinamo. Energi yang dihasilkan oleh motor listrik yang disebut energi mekanik (gerak) berfungsi menggerakkan(memutar) impaller pompa, kipas angin, fan atau blower, menggerakkan kompressor, mesin cuci, penyedot debu, dan lain sebagainya.
Motor listrik yang umum digunakan di dunia Industri adalah motor listrikasinkron, dengan dua standar global yakni IEC dan NEMA. Motor asinkron IEC berbasis metrik (milimeter), sedangkan motor listrik NEMA berbasis imperial(inch), dalam aplikasi ada satuan daya dalam horsepower (hp) maupunkiloWatt (kW).

Bagaimana prinsip kerja motor listrik?


Pada motor listrik diketahui bahwa mesin ini berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah energi listrik menjadi magnet yang sering kita sebut dengan elektromagnetik. Pada teori elektromagnet diketahui bahwa jika dia buah kutub magnet yang sama maka akan saling tolak menolak dan jika berbeda maka akan saling tarik menarik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap.

Nah, pada semua alat yang disebutkan di atas menerapkan prisip kerja motor listrik yang telah dijelaskan. Prinsip ini sangat berguna untuk menggerakkan alat yang sifatnya berputar.

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Motor_listrik
http://zonaelektro.net/motor-listrik/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Alat-alat dengan judul PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/11/prinsip-kerja-motor-listrik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, November 21, 2015

Belum ada komentar untuk "PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK"

Post a Comment