Belajar Fisika itu Mudah

BIOGRAFI JAMES CLERK MAXWELL


James Clerk Maxwell

James Clerk Maxwell adalah adalah seorang fisikawan dan matematikawan asal Skotlandia. Pencapaian terbesarnya adalah keberhasilannya dalam merumuskan teori elektromagnetik klasik yang kemudian dikenal dengan nama Persamaan Maxwell. Persamaan Maxwell adalah himpunan empat persamaan diferensial parsial yang mendeskripsikan sifat-sifat medan listrik dan medan magnet dan hubungannya dengan sumber-sumbernya, muatan listrik dan arus listrik, menurut teori elektrodinamika klasik.

Maxwell lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 13 Juni 1831. Kegemarannnya pada geometri telah timbul sejak ia kecil. Ia menulis karya ilmiah pertamanya pada saat ia berumur 14 tahun. Di tahun 1847, ia mulai menempuh pendidikan di Edinburgh University. Di tahun pertamanya, ia telah diajar oleh tokoh-tokoh terkenal seperti Sir William Hamilton yang memberikan kuliah mengenai logika dan metafisika,  Philip Kelland yang mengajarinya matematika, serta James Forbes, dosen filsafat alam (natural philosophy). Namun, Maxwell merasa kelas-kelas yang ia ikuti di Edinburgh University tidaklah terlalu menarik sehingga ia memilih untuk menghabiskan waktu senggangnya dengan belajar sendiri dan melakukan berbagai eksperimen, utamanya tentang polarisasi. Di umur 18 tahun, ia telah menyumbangkan dua hasil karya ilmiahnya kepada Transactions of the Royal Society of Edinburgh. Di tahun 1850, ia meninggalkan Skotlandia untuk melanjutkan pendidikannya di University of Cambridge. Pada tahun 1856, ia menjadi pengajar sekaligus kepala departemen Aberdeen University. Selama berada di sana, ia memfokuskan dirinya pada penelitian mengenai cincin Saturnus. Selanjutnya, ia mengajar di King's College London dari tahun 1860-1865.

Beliau adalah fisikawan Skotlandia yang pertama kali menulis hukum magnetisme dan kelistrikan. Dia memulai pendidikannya di Edinburgh Academy. Setelah itu, Maxwell kuliah di King’s College London  dan melanjutkan pendidikan tingginyan ke University of  Cambridge, UK. Dia menyelesaikan pendidikan doktornya di University of  Cambridge. Ia memilih Fisika dan Matematika  sebagai bidang yang ditekuni. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya, pada tahun 1864 ia berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik  ialah gabungan dari osilasi medan listrik dan magnetik. Selain itu, Maxwell membuktikan bahwa cahaya ialah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Ia juga membuka pemahaman tentang gerak gas, dengan menunjukkan bahwa laju molekul-molekul di dalam gas bergantung kepada suhunya masing-masing.

James Clerk Maxwell terkenal di kalangan ilmuwan dunia melalui formulasi empat pernyataan yang menjelaskan hukum dasar listrik dan magnet. Berbagai hukum listrik dan kemagnetan sudah ditemukan dan mengandung kebenaran dalam beberapa segi, tetapi tidak ada satu pun dari hukum-hukum tersebut  yang merupakan teori terpadu. Dalam empat perangkat hukum yang dirumuskan secara ringkas itulah, Maxwell berhasil menjabarkan secara tepat perilaku dan hubungan antara medan listrik dan magnet. Dengan begitu dia mengubah sebagian besar fenomena menjadi satu teori tunggal yang dapat dijadikan pedoman pada abad sebelumnya, baik secara teori maupun praktik ilmu pengetahuan.

Pencapaian Maxwell

Nilai terpenting dari penemuan Maxwell itu adalah  banyak persamaan umum yang bisa terjadi dalam semua keadaan. Semua hukum listrik dan magnet (baca artikel tentang medan magnet) yang sudah ada sebenarnya berasal dari penemuan Maxwell, begitu pula sebagian besar hukum lainnya yang dulu merupakan teori tidak dikenal. Dari penemuan Maxwell ini dapat dilihat bahwa pergerakan bolak-balik  di bidang elektromagnetik secara periodik adalah suatu hal yang bisa terjadi. Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik  yang  jika sekali digerakkan akan menyebar terus hingga luar angkasa. Penemuan  ini menunjukkan kecepatan gelombang elektromagnetik  mencapai  300.000 kilometer per detik dan ini sama dengan ukuran kecepatan cahaya. Dari sudut inilah, Maxwell dengan tepat mengambil kesimpulan bahwa cahaya terdiri dari gelombang elektromagnetik.

Penemuan Maxwell menunjukkan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang dan frekuensi selain cahaya yang tampak oleh mata. Kesimpulan teoritis ini secara mengagumkan diperkuat oleh Heinrich Hertz, yang sanggup menghasilkan dan menemui kedua gelombang yang tampak oleh mata yang diramalkan oleh Maxwell itu. Beberapa tahun kemudian Guglielmo Marconi memperagakan bahwa gelombang yang tak terlihat mata itu dapat digunakan untuk komunikasi tanpa kawat. Gelombang itulah yang disebut gelombang radio. Kini, kita gunakan juga televisi, sinar X, sinar gamma, sinar infra dan sinar ultraviolet yang merupakan contoh-contoh dari radiasi elektromagnetik.

Meski kemasyhuran Maxwell yang paling menonjol terletak pada sumbangan pikirannya yang dahsyat di bidang elektromagnetik dan optik, dia juga memberi sumbangan penting bagi dunia ilmu pengetahuan di bidang lain seperti teori-teori astronomi dan termodinamika. Salah satu minat khususnya adalah teori kinetik tentang gas. Maxwell menyadari bahwa tidak semua molekul gas bergerak pada kecepatan sama. Sebagian lebih lambat, sebagian lebih cepat, dan sebagian lagi dengan kecepatan yang luar biasa. Maxwell mencoba formulasi khusus untuk menunjukkan bagian terkecil molekul yang bergerak dalam suhu dan kecepatan tertentu. Formulasi ini disebut “Penyebaran Maxwell” dan sering digunakan dalam rumus-rumus ilmiah, serta mengandung makna dan manfaat penting pada tiap cabang fisika.

Di balik kesuksesan kariernya, kehidupan rumah tangga Maxwell tidak sesempurna yang dibayangkan banyak orang. Ia menikahi seorang wanita cerdas yang dapat memahami dirinya. Namun, pernikahan mereka tidak dikaruniai anak hingga Maxwell menghembuskan napas terakhirnya.
Maxwell meninggal pada tanggal 5 November 1879 karena penyakit kanker yang dideritanya. Ia dimakamkan di Parton Kirk di Skotlandia. Biografinya yang berjudul "The Life of James Clerk Maxwell" diterbitkan di tahun 1882. Sementara itu, karya-karya ilmiahnya berupa kumpulan artikel mengenai "Atom", "Attraction", "Capillary action", "Diffusion", "Ether", dan lain sebagainya diterbitkan dalam dua volume oleh Cambridge University Press di tahun 1890.
By: profil.merdeka.com/ dan muthmainahiin.wordpress.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tokoh dengan judul BIOGRAFI JAMES CLERK MAXWELL. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2017/04/biografi-james-clerk-maxwell.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, April 5, 2017

Belum ada komentar untuk "BIOGRAFI JAMES CLERK MAXWELL"

Post a Comment