Belajar Fisika itu Mudah

KEGAGALAN RELATIVITAS KLASIK

Kegagalan Relativitas Klasik__ Hai sobat browser sekalian, kembali lagi admin membagi ilmu kepada teman-teman sekalian. Kali ini admin akan memaparkan materi fisika yang menyangkut relativitas namun yang akan dibahas adalah kegagalan relativitas klasik. Tahukah teman-teman mengapa teori relativitas klasik dianggap gagal? Jika tidak mari kita pelajari bersama, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Relativitas Klasik

Pandangan paham newton mengenai alam telah memberi kerangka-kerangka nalar kepada para ilmuan saat itu sebagai bahan acuan dalam experimannya dan membantu kita memahami sebagaian besar gejala alam yang terjadi. Pandangan mengenai alam yang kita diami ini sebenarnya dikemukakan oleh ilmuan besar yaitu Galileo yang mengatakan bahwa ruang dan waktu adalah mutlak. Hal tersebut juga sering dikemukakan pada setiap percobaan yang dilakukan oleh ilmuan lain dan barulah bermakana fisika apabila dapat dikatkan dengan percobaan serupa dilakukandalam kerangka acuan mutlak, yaitu suatu suatu sisten koordinat karteksius semesta yang padanya tercantelkan jam-jam mutlak. Sebagai contoh, pernyataan yang lazim dikenal sebagai asas kelembaman (inersia) Galileo, mengatakan bahwa sebuah benda yang diam cenderung akan diam kecuali terdapat gaya luar yang mempengaruhi benda tersebut. Jika anda mencoba untuk mengkaji asas ini  dalam sebuah kerangka acuan yang mengalami percepatan seperti sebuah mobil yang berhenti secara mendadak atau komedi putar yang sangat cepat kecepatannya.  Anda akan mendapati asas ini tidak akan berlaku (dilanggar). Jadi hukum-hukum Newton (termasuk asas kelembaman) tidak berlaku dalam kerangka acuan yang mengalami percepatan kecuali dalam kerangka acuan yang bergerak tetap.

Berdasarkan apa yang dipaparkan di atas maka kerangka acuan yang dimaksud disebut sebagai kerangka kelembaman.  Maka peristiwa-peristiwa yang diamati dari berbagai kerangka lembam dapat tampak berbeda bagi tiap-tiap pengamat dalam tiap kerangka itu. Tetapi mereka semua akan sependapat bahwa hukum-hukum Newton, kekekalan energy, dan seterusnyatetap berlaku dalam kerangka mereka. Pembandingan dari pengamatan-pengamatan yang dilakukan dalam kerangka kelembaman, memerlukan Transformasi Galileo.
Nah, teman-teman sahat browser sekalian itulah tadi mengapa teori relativitas dinyatakan gagal. Semoga teman-teman dapat paham dengan apa yang dipaparkan dalam materi kegagalan relativitas klasik”. Jika ada hal yang belum dipahamu silahkan komentar dan cantumkan link anda.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Modern dengan judul KEGAGALAN RELATIVITAS KLASIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2014/05/kegagalan-relativitas-klasik_2709.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, May 19, 2014

Belum ada komentar untuk "KEGAGALAN RELATIVITAS KLASIK"

Post a Comment