Belajar Fisika itu Mudah

APA ITU RADIASI??

Berbicara mengenai fisika yang membahas tentang suhu dan kalor, kita pasti akan kembali membahas materi mengenai "Radiasi". Pertanyaan yang kemudian muncul dalam pembahasan adalah "Apa itu radiasi?". Jika seseorang bertanya mengenai radiasi apakah anda dapat menjelaskannya secara terperincih? Jika tidak mari ikuti artikel ini dan belajar mengenai "Apa itu radiasi?".
Sebuah contoh kasusu, ketika anda berada di sekitar api unggun maka anda akan merasakan kehangatan dari api unggun walaupun anda berada pada jarak yang lumayan jauh dari api atau anda tidak mengalami kontak langsung dengan api itu sendiri. Adanya rasa hangat yang anda rasakan membuktikan bahwa telah terjadi perpindahan kalor/panas.
Pada kasus ini kita tidak berbicara mengenai konduksi dan konveksi. Pada kasus yang seperti dijelaskan tadi, hal ini merupakan salah satu peristiwa di mana benda memancarkan panas dalam bentik gelombang elektromagnetik.
Perhatikan sinar matahari yang jatuh di permukaan bumi. Jika semua cahaya diserap dan tidak dipantulkan, maka permukaan akan benar-benar nampak hitam
Ingat bahwa warna hitam menyerap cahaya dan warana putih memantulkan cahaya. Sebuah benda yang secara sempurna mampu menyerap dan memancarkan semua radiasi gelombang elektromaknetik disebut benda hitam.
Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipencarkan oleh sebuah benda yang suhunya lebih randah daripada lingkungannya dapat digunakan untuk mendeteksi. Contohnya, dengan menggunakan alat deteksi kalor kita dapat mendeteksi keberadaan seseorang walaupun mereka bersembunyi dibalik tembok.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Klasik dengan judul APA ITU RADIASI??. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2014/06/apa-itu-radiasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, June 23, 2014

Belum ada komentar untuk "APA ITU RADIASI??"

Post a Comment