Belajar Fisika itu Mudah

FUNGSI DAN CARA KERJA JANGKA SORONG

Fungsi dan cara kerja jangka sorong----- Pada mulanya segala sesuatu yang ada di dunia ini memiliki ukuran namun ada beberapa hal yang tidak dapat diukur. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai fungsi dan cara kerja jangka sorong.

Jangka sorong merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur satuan panjang untuk benda kasat mata. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kenapa harus menggunakan Jangka sorong dan bukan meteran atau mistar? Setiap alat ukur memiliki fungsi kerja masing-masing sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Jangka sorong berfungsi untuk menghitung panjang dan lebar suatu benda yang tidak dapat diukur oleh mistar dan meteran. Fungsi jangka sorong ini hampir mirip dengan micrometer sekrup.

FUNGSI DAN CARA KERJA JANGKA SORONG

  1. Penjepit bagian rahang bawah
  2. Penjepit bagian rahang atas
  3. rel
  4. Skala utama (cm)
  5. Skala Utama (dm)
  6. Skala nonius


  1. Setelah sobat sekalian menentukan benda apa yang sobat akan akur, silahkan jepit benda tersebut pada jepitan bagian bawah lalu kunci.
  2. Perhatikan skala utama dan skala nonius yang ada padajangka sorong, cari garis yang berimpit antara skala utama dan skala nonius.
  3. Ketelitian untuk skala utama adalah 1 mm dan skala nonius adalah 0.1 mm.
  4. Hitung banyaknya skala utama yang menghampiri garis yang bersinggungan kemudian jumlahkan dengan banyaknya skala nonius yang besisinggungan dengan skala utama.
Itulah sekilas informasi mengenai fungsi dan cara kerja jangka sorong, semoga informasi yang kami berikan ini menjadi sesuatu yang berguna bagi sobat sekalian dan jangan lupa berikomentar dan kunjungi halaman lainnya di sini.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Alat Ukur dengan judul FUNGSI DAN CARA KERJA JANGKA SORONG. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/05/fungsi-dan-cara-kerja-jangka-sorong.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, May 26, 2015

Belum ada komentar untuk "FUNGSI DAN CARA KERJA JANGKA SORONG"

Post a Comment