Belajar Fisika itu Mudah

KARAKTERISTIK BERBAGAI MACAM RESISTOR

Salam ilmu pengetahuan buat sahabat Indonesia sekalian. Suatu peristiwa adalah jawaban dari sebuah pertanyaan yang telah dipecahkan.Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping.  Pertanyaan kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana cara manusia memanfaatkan listrik yang telah di temukan oleh Thales, Ampere Michael Faraday, dll?? Jika kita mengaikan sesuatu hal dengan listrik maka yang timbul di benak kita adalah komponen elektronika. Di mana komponen elektronika ini sangat banyak dan saat ini kita akan membahas mengenai Karakteristik berbagai macam resistor. 

KARAKTERISTIK BERBAGAI MACAM RESISTOR
Diketahui bahwa, resistor memiliki fungsi secara umum sebagai penghambat arus yang mengalir pada rangkaian. Jumlah arus yang dapat dihambat oleh resistor bervariasi bergantung pada besar resistansi pada resistor itu sendiri (resistansi: tahanan dalam bahan). Untuk lebuh lengkapnya baca artikel mengenai "Fungsi Resistor".

Karakteristik berbagai macam resistor dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Resistansi resistor komposisi tidak stabil disebabkan pengaruh suhu, jika suhu naik maka resistansi turun. Kurang sesuai apabila digunakan dalam rangkaian elektronika tegangan tinggi dan arus besar. Resistansi sebuah resistor komposisi berbeda antara kenyataan dari resistansi nominalnya. Jika perbedaan nilai sampai 10 % tentu kurang baik pada rangkaian yang memerlukan ketepatan tinggi.  Resistor variabel resistansinya berubah-ubah sesuai dengan perubahan dari pengaturannya.

Resistor variabel dengan pengatur mekanik, pengaturan oleh cahaya, pengaturan oleh temperature suhu atau pengaturan lainnya. Jika perubahan nilai, resistansi potensiometer sebanding dengan kedudukan kontak gesernya maka potensiometer semacam ini disebut potensiometer linier. Tetapi jika perubahan nilai resistansinya tidak sebanding dengan kedudukan kontak gesernya disebut potensio logaritmis.  Secara teori sebuah resistor dinyatakan memiliki resistansi murni akan tetapi pada prakteknya sebuah resistor mempunyai sifat tambahan yaitu sifat induktif dan kapasitif. Pada dasarnya bernilai rendah resistor cenderung mempunyai sifat induktif dan resistor bernilai tinggi resistor tersebut mempunyai sifat tambahan kapasitif.  Suhu memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap suatu hambatan. Di dalam penghantar ada electron bebas yang jumlahnya sangat besar sekali, dan sembarang energi panas yang dikenakan padanya akan memiliki dampak yang sedikit pada jumlah total pembawa bebas. Kenyataannya energi panas hanya akan meningkatkan intensitas gerakan acak dari partikel yang berada dalam bahan yang membuatnya semakin sulit bagi aliran electron secara umum pada sembarang satu arah yang ditentukan. Hasilnya adalah untuk penghantar yang bagus, peningkatan suhu akan menghasilkan peningkatan harga tahanan. Akibatnya, penghantar memiliki koefisien suhu positif. Karakteristik berbagai jenis resistor apakah itu resistor cincin atau resistor batu, masing-masing memilki karakteristik tersendiri sesuai konduktivitas bahan penyusunnya..

Semoga pertanyaan di atas dapat terjawab dengan artikel  "Karakteristik berbagai macam resistor", mudah-mudahan artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam menuntut ilmu.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Elektronika dengan judul KARAKTERISTIK BERBAGAI MACAM RESISTOR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/08/karakteristik-berbagai-macam-resistor.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, August 8, 2015

Belum ada komentar untuk "KARAKTERISTIK BERBAGAI MACAM RESISTOR"

Post a Comment