Belajar Fisika itu Mudah

APA ITU API?

Apa itu api?--- salam ilmu pengetahuan bagi teman-teman browser yang masih setia menuntut ilmu hingga saat ini. Pada pembahasan kita kali ini akan membahas mengenai apa itu api? mungkin ada beberapa orang yang tidak ini tahu tentang apa itu api? dan mengapa ada api? Sebelum melanjutkan kegiatan membaca anda, bantu kami untuk klik gambar di samping.

Sebagai seseorang yang ingin mendalami ilmu tentang alam terutama ilmu fisika, maka pertanyaan seperti ini merupakan pertanyaan yang sangat cocok mendasari anda dalam mengkaji fenomena alam.

Kita kembali ke permasalahan,

Apa itu api?

Api adalah oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Proses oksidasi yang lebih lambat seperti pengkaratan atau pencernaan tidak termasuk dalam definisi tersebut. Api berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap. Api juga menumbulkan efek panas yang dapat dirasakan, pans tersebut merupakan radiasi yang dipancarkan oleh api dalam bentuk gelombang yang dirambatkan ke segalah arah.


APA ITU API?
Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia (misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya). Daya oksidasi api sangat bergantung pada temperaturnya sendiri dan jenis bahan yang akan di bakar. Jika bahan tersebut merupakan logam maka lama waktu yang dibutuhkan untuk melelehkan sebuah logam bergantung pada titik leleh logam tersebut.

Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat. Bahkan masih banyak masyarakat zaman sekarang tapi terisolir, menganggap api adalah sumber kehidupan segala mahluk hidup.

Hingga saat ini pemanfaatan api sangat besar. Pemanfaatannya bukan hanya di dapur, bahkan pemanfaatan api dalam industri dan laboratorium sangat berperan penting. Tergantung pemnafaatan api itu sendiri bagaimana. Nah, sekarang sudah jelas "Apa itu api?" jika masih ada yang kurang jelas silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gejala Fisika dengan judul APA ITU API?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2015/12/apa-itu-api.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, December 6, 2015

Belum ada komentar untuk "APA ITU API?"

Post a Comment