Belajar Fisika itu Mudah

CARA MENGHITUNG MASSA JENIS

Massa jenis merupakan sebuah ciri atau sfat dari material itu sendiri. Tidak semua benda yang ada di dunia ini memiliki massa jenis yang sama. Contohnya batu, batu bata memiliki massa jenis yang berbeda. Agar lebih jelas mengenai massa jenis zat kita langsung saja ke intinya, namun sebelum lanjut maka bantu kami klik gambar disamping. Berikut cara menghitung massa jenis suatu zat,
Apa itu sih massa jenis zat itu?
Massa jenis zat merupakan hasil bagi antara massa zat dan volume zat . Massa jenis zat (roh)sebanding dengan massa zat (m) dan berbanding terbalik dengan volume zat (v). Sehingga kita dapat menuliskannya dengan rumus :
ρ = m / v
dimana :
ρ : massa jenis zat
m : massa zat
v : volume zat

Bagaimana dengan satuan massa jenis ?

Massa merupakan salah satu dari 7 besaran pokok, sedangkan massa jenis merupakan salah satu besaran turunan. Satuan massa jenis diturunkan dari besaran pokok massa (kg) dan besaran pokok panjang (m). Satuan massa jenis dalam SI adalah kg/m3. Satuan massa jenis yang lain adalah gram/cm3.

 CARA MENGHITUNG MASSA JENIS
Tabel 1. Massa jenis berbagai jenis zat

Dari tabel di atas kita dapat mengetahui bahwa kerapatan logam tertentu seperti platina atau emas jauh lebih besar dibandingkan zat-zat lainnya. Massa jenis berbagai zat berbeda-beda walaupun benda-benda tersebut jumlah atau volumenya sama. Massa Jenis zat yang umum digunakan sebagai patokan adalah Massa Jenis air dan Massa Jenis raksa. Massa Jenis air dalam wujud cair, yaitu 1000 kg/m^3 atau 1 g/cm^3, sedangkan raksa atau mercury memiliki Massa Jenis 13.600 kg/m^3 atau 13,6 g/cm^3.

Penting: 1000 kg/m^3 = 1 g/cm^3

Bagaimana cara menentukan massa jenis suatu zat ?

1.  menentukan massa jenis zat padat

a. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur.
Untuk menetukan massa jenis zat yang bentuknya teratur dengan cara menentukan massa benda tersebut dengan cara menimbang benda menggunakan neraca. Kemudian menghitung volume benda tersebut menggunakan rumus volume bangun ruang. Massajenis benda dapat diketahui dengan cara membagi massa benda dengan volume benda.

b. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya tidak teratur.
untuk menentukan massa jenis zat yang bentuknya tidak teratur , seperti kerikil. Langkah pertama yang harus teman- teman lakukan adalah menentukan massa benda dengan cara menimbang benda tersebut menggunakan neraca. Langkah selanjutnya teman – teman menyediakan gelas ukur, kemudian gelas tersebut di isi dengan air. Teman-teman catat volume gelas ukur tersebut kemudian masukkan kerikil ke dalam gelas ukur dan catat volume gelas ukur setelah diberi kerikil. Hitung volume batu dengan cara mengurangi volume air di dalam gelas ukur setelah diberi kerikil dan volume air sebelum di beri kerikil. Kemudian hitung massa jenis keriki dengan cara membegi massa kerikil dengan volume kerikil.

2. Menentukan massa jenis zat cair

Massa jenis zat cair diukur menggunakan hidrometer. Untuk mengetahui massa jenis suatu zat cair dengan cara memasukkan hidometer ke dalam zat cair yang akan diukur. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan hidrometer adalah semakin dalam hidrometer tercelup maka massa jenis zat cair yang diukur semakin kecil.

Apa manfaat menghitung massa jenis suatu zat ?
Dengan menghitung massa jenis suatu zat temna-teman dapat memanfaatkan zat tersebut untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya menghitung massa jenis aluminium, maka teman – teman dapat mengetahui mengapa aluminium digunakan sebagai bahan membuat pesawat terbang ?aluminium dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pesawat terbang karena massa alumium kecil, sehingga massa jenis alumnium juga kecil. Massa jenis aluminium lebih kecil daripada massa jenis udara sehingga apesawat dapat terbang di udara

Contoh fenomena

Kapal Selam

Tahukah kamu mengapa es dapat terapung di air, sedangkan batu tenggelam dalam air? Es memiliki Massa Jenis lebih kecil dari air, sehingga es dapat terapung dalam air. Batu tenggelam dalam air karena memiliki massa jenis lebih besar daripada air. Tahukah kamu mengapa kapal selam dapat terapung dan tenggelam di air? Ketika terapung Massa Jenis total kapal selam lebih kecil dari air laut dan sewaktu tenggelam Massa Jenis total kapal selam lebih besar dari air laut. Kapal selam memiliki tangki pemberat yang berisi air dan udara. Tangki tersebut terletak di antara lambung kapal sebelah dalam dan luar. Tangki dapat berfungsi membesar atau memperkecilMassa Jenis total kapal selam. Ketika air laut dipompa masuk ke dalam tangki pemberat, Massa Jenis kapal selam lebih besar dan sebaliknya agar Massa Jenis total kapal selam menjadi kecil, air laut dipompa keluar.

Balon Gas 

Pernahkah kamu melihat balon udara? Tahukah kamu, gas apa yang terdapat di dalamnya? Balon gas berisi gas helium. Gas helium memiliki Massa Jenis yang lebih kecil dari udara, sehingga balon gas bisa naik ke atas.


Air Minum Dingin di Dalam Lemari Es

Suatu ketika kamu mungkin pernah melihat dalam botol air minum dingin yang berasal dari lemari es terdapat endapan kapur. Kenapa hal itu dapat terjadi? Air yang jernih dapat juga mengandung kapur, namun apabila dilihat langsung dengan mata tidak kelihatan. Ketika air dingin massa jenis air lebih kecil dan terpisah dari kapur sehingga kapur yang memiliki Massa Jenis lebih besar akan turun ke bawah dan mengendap.

Artikel di atas merupakan pemaparan cara menhitung massa jenis suatu zat, mudah mudahan anda dapa mendapatkan penjelasan yang cukup dalam artikel ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika Klasik dengan judul CARA MENGHITUNG MASSA JENIS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://fisika-info.blogspot.com/2016/01/massa-jenis-zat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, January 14, 2016

Belum ada komentar untuk " CARA MENGHITUNG MASSA JENIS"

Post a Comment